PEMBENTUKAN SEBUAH KARAKTER   2 comments

Tidak pernah kita bayangkan, banyak siswa yang mempunyai karakter ganda dalam dirinya. … Bagaimana bisa begitu ?

Orang tua, masyarakat atau siswa itu sendiri pada waktu memasuki sebuah lembaga pendidikan sebut saja sekolah, kebanyakan memilih gedung yang megah, murid yang banyak, nilai-nilai yang baik, dengan harapan akan mudah meraih sesuatu yang lebih, kelak bila siswa sudah keluar dari lembaga pendidikan tersebut.

Pemaksaan diri, orangtua juga masyarakat menjadikan siswa lebih senang dan terbelit oleh suasana lingkungan yang serba berbau fisik. Tidak salah memang, hanya bila ini terus dilakukan maka akan banyak mengganggu stabilitas emosional dirinya.

Pada kenyataan, hidup tidak tergantung pada nilai-nilai yang serba fisik melainkan lebih banyak sentuhan emosional atau bahasa lainnya sentuhan ruhnya.

Tapi memang, lembaga pendidikan, orang tua juga masyarakat di sekitar sekarang kebanyakan, (tidak semua) menggenjot siswanya lebih pada oleh fisik.

Ini tentu tidak terlepas dari sistem yang tercipta entah diciptakan oleh pihak-pihak tertentu, mari kita amati banyak pendidikan sudah keblinger dengan keahliannya sebagai pendidik, yang bukan pendidik pun ikut-ikut pula merencanakan pendidikan, entah apa yang ingin di gapai oleh mereka ? entahlah…. yang jelas karekter yang terbentuk oleh siswa peserta didik menjadi ganda, mungkin saja esok, atau entah kapan karakter ganda tersebut mungkin bukan ganda lagi tapi tiga, empat atau ribuan karakter yang terbentuk. sehingga jangan salahkan siswa bila suatu saat, kita akan menghadapi manusia-manusia yang susah di pegang jati dirinya…., apa itu mungkin, mari kita lihat esok..

Posted 5 Desember 2007 by Pucuk in Artikel

2 responses to “PEMBENTUKAN SEBUAH KARAKTER

Subscribe to comments with RSS.

  1. iya. memang kepribadian anak yang tidak dapat kokoh, tapi berubah-ubah mungkin kesalahan dari lingkuangannya, namun kepalang tanggung jika hanya menyalahkan keadaan yang sudah seperti ini kan.
    yang terpenting sekarang adalah, bagaimana kita, yang notabenya peduli dengan generasi ke depan berusaha agar menjadikan anak-anak Indonesia ini berkarakter (good charecter). karena dengan menjadikan penerus bangsa yang berkarakter, maka tinggal kita tunggu masa keemasan Indonesia.
    mungkin ini hanya terkesan seperti mimpi. namun jika kita terus menyerah karena impian kita terasa jauh untuk diraih, lalu kapan impian kita akan menjadi kenyataan? para ilmuan yang menemukan lampu, telepon, kereta, pesawat, mereka semua berawal dari mimpi. maka saya, ingin mengajak kita semua untuk bergabung, menuju golden country..

  2. kang toto,
    keren euy blog nya.. kental pisan “ruh pendidiknya”..

    topik yg di atas sesuai dgn keprihatinan sy.. kekhawatiran sy terhadap karakter anak (anak sekarang kan gampang pundung kl gak dpt sesuatu yg mereka inginkan).
    ada gak buku yg berkaitan dgn pembentukan karakter anak? agar karakter anak dapat terbentuk positif dalam menyikapi hidup.. (jigana bukan anaknya aja yg butuh.. orang tuanya juga butuh tuh) hehe..

    bravo buat kang toto!

    evie.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: