Simbol Negara Part 1 – Flora Nasional –   Leave a comment

Pernakah kita memperhatikan simbol-simbol negara kita, simbol adalah suatu hal yang penting karena merepresentasikan suatu bangsa atau negara ke dalam sesuatu benda yang mudah dikenal.

Dengan mengenal simbol negara, diharapkan kita mencintai semua yang ada di negera ini, menghormati apapun yang ada di dalamnya, membela kepentingan negara diatas kepentingan golongan atau kelompok, Mau mengerti dan mempelajari asal muasal negera ini, sehingga akan jadi negera yang kita banggakan.

Flora  Nasional Indonesia sumber hukum : menurut Keppres No. 4/1993 yang disahkan Presiden Soeharto pada 9 Januari 1993.

Bunga Nasional

Melati (Jasminum sambac)

Puspa Bangsa

bunga yang menjadi simbol negara, yaitu Melati alias puspa bangsa.

Melati merupakan bunga yang banyak ditemukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara. Pemilihan Bunga Melati karena bunga ini sejak dulu sering digunakan dalam upacara tradisional di Indonesia

terdapat pula bunga lainnya yang turut disertakan, yakni Anggrek Bulan sebagai Puspa Pesona

Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)

Puspa Pesona

Banyak ditemukan di nusantara, hingga Filipina dan Australia, bunga ini dikenal karena keelokan dan keindahan bunganya. Inilah yang menjadi dasar pertimbangannya ditetapkan sebagai puspa pesona.

Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii)

Puspa Langka

Meskipun ditemukan juga di Malaysia, bunga ini pertama kali ditemukan di hutan di Bengkulu. Berbeda dengan tanaman lain, bunga yang hidup secara parasit ini tidak dapat dikonservasi di luar habitatnya, karena tanaman ini akan langsung mati jika dicabut dari inangnya, sehingga bunga ini tergolong sangat langka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: