Simbol Negara Part 2 – Fauna Nasional –   Leave a comment

Satwa Nasional

Komodo (Varanus komodoensis)

Dasar hukum: Keppres No. 4 Tahun 1993

Keanekaragaman fauna juga menjadikan ciri khas nasional, apalagi terdapat fauna endemik dalam wilayah negara. Karena itulah pada tahun 1993, Presiden Soeharto menetapkan satwa nasional sebagai simbol negara.

Dipilihnya komodo sebagai satwa nasional karena selain statusnya yang langka juga hewan tersebut hanya dapat ditemukan di Indonesia, yakni di Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dan dari berbagai satwa endemik di Indonesia, komodolah satwa endemik Indonesia yang paling dikenal di dunia internasional. Komodo diperkirakan merupakan binatang dari zaman purba yang sudah ada sejak 4 juta tahun lalu.

Ikan Siluk Merah (Scleropages formosus)

Selain komodo, ditetapkan pula 2 satwa lain sebagai ikan dan burung nasional. Ketiganya masing-masing merepresentasikan satwa darat, air, dan udara.

Disebut pula satwa pesona, ikan ini lebih dikenal dengan nama Arwana Super Red, merupakan ikan berhabitat asli di Indonesia. Meskipun ikan ini banyak ditemukan dalam penangkaran, di alam liar, ikan ini hanya dapat ditemukan di Danau Sentarum, Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini Ikan Siluk Merah sering dijadikan ikan hias dan dikenal karena keindahan dan harganya yang mahal.

 


Elang Jawa (Nizaetus bartelsi)

Alias satwa langka, burung ini merupakan jenis elang berwarna coklat merupakan spesies endemik di beberapa wilayah hutan Taman Nasional di Jawa Timur. Saat ini diperkirakan hanya terdapat 400 ekor yang hidup di alam liar. Burung ini dikenal dari jambul di kepalanya, dan burung inilah yang menjadi model lambang negara, sehingga burung ini sering disebut Burung Garuda.

Posted 9 Mei 2012 by Pucuk in Kebangsaan

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: